Minggu, 16 Juni 2013

KEONG MAS SUMBER PAKAN ITIK

MENJADIKAN MUSUH SEBAGAI SAHABAT

       Bagi sebagian petani sawah, keong mas merupakan hama yang merusak tanaman padi bahkan dapat menggagalkan target produksi gabah yang ingin dicapai. dapat dimaklumi karena serangan keong mas sangat dahsyat secepat perkembangan populasi dan setinggi kandungan protein yang dimilikinya.
       Tidak heran sebagian petani menempuh cara - cara instan tanpa pertimbangan kelestarian lingkungan dalam mencari solusi mengatasi masalah yang dihadapi, seperti menggunakan samponi yang terkesan membantu mengatasi masalah namun dibalik itu sebenarnya meninggalkan kerusakan tanah.
       Setiap yang dicipta tentu punya makna dan setiap racun tentu ada penawar, begitu juga Keong Mas, seindah nama dan warnanya juga memberi manfaat meski diawali dengan keresahan, yang diperlukan adalah sedikit waktu dan tenaga untuk mengelola potensi hama menjadi sumber protein hewani bagi komoditi pendukung yaitu ternak itik.
Gambar 1. Keong Mas masa dewasa siap bergenerasi

      Kandungan protein yang tinggi pada daging keong mas dan kandungan sumber mineral pada cangkangnya, dapat digunakan sebagai bahan pakan untuk formulasi pakan ternak itik, tentunya dengan sedikit perlakuan untuk merombak zat-zat anti nutrisi yang terkandung untuk mengatasi keracunan pada sebagian ternak. namun yang terpenting diketahui adalah bagaimana cara memformulasikan jumlah pakan sehingga sesuai dengan kebutuhan ternak.
Gambar 2. Ternak itik sumber ekonomi dan protein keluarga tani.
       Keong mas meski dapat diberikan secara lansung, tetapi lebih baik diberikan dalam bentuk olahan tepung untuk mengurangi resiko bagi sebagian ternak yang rentan anti nutrisi, juga dapat disimpan dalam jangka waktu lebih lama sehingga pemberian dalam foemula pakan bisa kontinyu.
Adapun kandungan nutirisi dari keong mas adalah sebagai berikut :
1. Protein 10,45 %.
2. Lemak 0,37 %
3. Kadar Abu 1,74 %.
4. Serat Kasar 0,61 %.
5. Rendemen 18 %.
Pemberian keong mas lebih baik dalam bentuk tepung atau diolah terlebih dahulu, Sedangkan Kandungan nutrisi pada tepung daging keong mas adalah :
1. Protein 13,58 %
2. Lemak 0,79 %.
3. Kalsium ( Ca ) 29,33 %.
4. Phosphor ( P ) 0,13 %.
Kandungan Nutrisi pada cangkang keong mas sebagai berikut :
1. Protein 2,94 %.
2. Lemak 0,12 %.
3. Kalsium ( Ca ) 29,35 %.
4. Phosphor ( P ) 0,19 %.
Penggunaan tepung daging keong mas dalam formula pakan itik dapat digunakan 1 - 10 %, sedangkan tepung cangkang keong mas dapat digunakan 1-5 %.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar